Kamis, 20 Desember 2012

Animasi ppt Gelembung Sabun melayang

animasi gelembung sabun dengan powerpoint
Membuat animasi gelembung sabun melayang dengan powerPoint. Pada kesempatan ini saya mencoba membuatnya di PowerPoint 2007.

Langkahnya lumayan panjang tapi demi kemajuan negeri ini saya mencoba menuliskan tutorialnya, dan alhamdulilah dapat menyelesaikan dengan baik.

Ikuti langkahnya Membuat efek gelembung sabun melayang kemudian meletus dengan menggunakan software powerPoint 2007, berikut ini:

Membuat efek gelembung sabun :
  1. Pada tab Home klik Layout, dan kemudian pilih Blank.
  2. Buat lingkaran, gunakan tombol shift agar lingkaran yang terbentuk tidak lonjong, caranya klik Insert kemudian klik Shapes, pilih oval. Drag mouse sambil menekan tombol shift keyboard.
  3. Klik kanan lingkaran tadi, klik Format Shapes. Pada kotak dialog lakukan klik Fill, klik gradient Fill, Pada Preset Colors pilih Calm Water, pada Type pilih Radial.
  4. Pada Direction pilih From Corner (pilih nomor dua dari kanan).
  5. Selanjutnya klik Line Color pilih Gradient Line, pada Preset Colors pilih Calm Water. Pada Type pilih Linear. Pada Direction pilih Linear Down.
  6. Klik 3-D Format, Pada Bevel Top pilih Circle. Selanjutnya pada Top isi Width dengan 50 pt, dan Height diisi 50 pt. Pada Material pilih Clear. Pada Lighting, pilih Glow sedangkan Angle diisi 110°.

Membuat animasi gelembung sabun melayang lalu meletus:
  1. Drag gelembung sabun yang sudah jadi ke pojok kanan bawah Slide, lalu klik Animations kemudian klik Custom Animation.
  2. Klik Add Effect pilih Entrance, klik More Effects lalu pilih Appear, OK.
  3. Pada Modify: Appear, pada Start pilih With Previous.
  4. Menambahkan efek klik Add Effect, pilih Motion Path, pilih Draw Custom Path, lalu klik Curve.
  5. Klik sebuah titik pada pojok kanan bawah di luar slide, buat jalur dengan mengklik secara zigzag dan untuk mengakhirinya tekan ESC tombol keyboard.
  6. Atur Timingnya pada efek Custom Path klik Timing, atur Start pilih With Previous. Speed diisi 8.0 seconds, lalu klik OK.
  7. Menambahkan animasi lagi, klik Gelembung sabun lalu klik Add Effect pilih Emphasis, sorot More Effects kemudian klik Grow/Shrink, kemudian klik OK.
  8. Pada animasi Grow/Shrink aturlah Modify: Grow/Shrink, atur Size pilih Larger, Custom isi dengan 150%, lalu tekan ENTER.
  9. Mengatur efek animas Grow/Shrink, klik Timing. Delay diisi 6 seconds. Speed diisi 0.1 seconds, lalu klik OK.
  10. Menambah animasi, klik Add Effect, pilih Exit lalu klik More Effects. Cari Subtle lalu pilih Fade, dan klik OK.
  11. Mengatur start pada efek Modify: Fade pilih With Previous.
  12. Atur Timimgnya, Delay diisi 6 seconds. Speed diisi 0.1 seconds, lalu klik OK.

Agar terlihat lebih jelas gambar gelembung sabunnya, beri background image pada slide. Silahkan klik SlideShow untuk melihat hasil kerja anda.

Contoh Filenya lihat dan DOWNLOAD animasi gelembung sabun DISINI
Selamat berkarya.

2 komentar: